Senin, 17 Januari 2011

Wireless !!??




Mungkin kita tidak asing lagi dengan wireless atau dunia tanpa kabel ini . Televisi adio, handphone, remote control , alarm,cordless phone, controller XBOX 360 dan PS3, merupakan bagian kecil dari
alat-alat yang menggunakan teknologi wireless.
Wireless memang tidak bisa menggantikan semua fungsi yang ada pada kabel seperti kabel untuk listrik , tidak ada wireless listrik atau wireless PLN sehingga anda harus menggunakan kabel dalam mengalirkan listrik .
Teknologi wireless sangat cocok dan banyak digunakan untuk menggantikan kabel-kabel mouse, kabel jaringan LAN dan bahkan kabel WAN yang sebelumnya membutuhkan jaringan dari telkom. Teknologi
yang digunakan untuk masing-masing kebutuhan-pun berbeda-beda sesuai dengan jarak tempuh yang mampu ditanganinya.

Kasarnya semakin jauh jangkauan wireless semakin tinggi juga kebutuhan daya serta hardware yang mendukungnya , anda tentu tidak suka bila setelah mengaktifkan jaringan wireless , handphone anda langsung kehabisan baterai dalam waktu 1 menit bukan ? anda juga tidak suka bila handphone anda meresphone apa yang anda lakukan 10 detik kemudian atau mouse anda berbentuk sebesar kelapa .
Karena itu untuk menghemat daya dan biaya peralatan cukup menggunakan teknologi wireless dengan daya jangkau yang terbatas . tidak ada gunanya wireless mouse anda memiliki jangkauan 1 KM karena anda tidak bisa melihat monitor pada jarak sejauh itu .
Semakin jauh sinyal , kecepatan yang di dapatkan akan semakin rendah . 

Teknologi yang popular dalam menggantikan jaringan jarak pendek ini adalah si gigi biru atau Bluetooth dan IrDa . Bluetooth menggunakan frekwensi radio sedangkan IrDa menggunakan sinar sehingga IrDa

mengharuskan benda yang hendak dihubungkan harus diletakkan dalam posisi saling berhadapan dan tidak ada yang menghalanginya. Teknologi IrDa banyak digunakan pada remote control dan juga diimplementasikan dalam laptop.

Kedua teknologi yang digolongkan ke dalam jaringan PAN (Personal Area Network) ini mempunyai keunggulan masing-masing. Bluetooth yang tampaknya sangat unggul dalam segala sisi temyata lebih rawan terhadap interfrensi sementara IrDa hampir tidak teqpengaruh oleh hiruk pikuk frekwensi yang ada disekitamya sehingga sangat cocok digunakan di dalam lingkungan yang penuh dengan frekwensi pengganggu.


Kelompok kedua dari jaringan wireless yang mempunyai jarak tempuh lebih jauh daripada PAN dikelompokkan dalam kelompok LAN (Local Area Network). Teknologi wireless dalam kelompok ini ditujukan untuk menggantikan kabel UTP yang selama ini digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer dalam sebuah gedung. Teknologi wireless yang populer untuk kelompok LAN ini adalah W-Fi yang menjadi fokus pembahasan kita .

Wi-Fi (atau Wi- fi, WiFi, Wifi, wifi) merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Fungsinya menghubungkan jaringan dalam satu area lokal secara nirkabel. Awalnya Wi-Fi digunakan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan jaringan area lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinkan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (hotspot) terdekat.

Kecepatan transfer data Wi-Fi yang saat ini sudah mencapai 54 Mbps, termasuk standarisasi yang sedang dikembangkan yang mampu mencapai kecepatan 248 Mbps memang masih tidak sebanding dengan kecepatan kabel UTP yang sudah mencapai 1 Gbps. Walaupun demikian untuk sebagian besar pengguna, kecepatan ini sudah sangat memadai.



Untuk teknologi wireless yang daya jangkaunya lebih jauh dari PAN maupun LAN , di kategorikan dalam kelompok MAN (Metropolitan Area Network) jaringan ini mempunyai daya jangkau antar kota .

Contoh teknologi kabel yang termasuk dalam kategori ini adalah DSL sedangkan teknologi wireless yang digunakan adalah Wi-Max yang sedang hangat-hangatnya belakangan ini. Dengan Wi-Max, daerah - daerah terpencil yang selama ini terbengkalai oleh jaringan kabel bisa terjangkau. Sampai saat ini masih terjadi tarik ulur mengenai ijin dan aturan main jaringan wireless ini karena besarnyabisnis dan uangyang ada didalamnya. Kelompok terakhir yang cakupannya mampu menjangkau sebuah Negara dan bahkan dunia dikategorikan ke dalam WAN (Wide Area Network). Termasuk ke dalam ketegori ini adalah teknologi GSM yang digunakan oleh handphone. Dengan perjanjian roaming antar operator, Anda bisa menggunakan handphone Anda dari negara manapun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar