Senin, 17 Januari 2011

STANDARISASI DAN ISTILAH WIRELESS !!??




Selama saya belajar mengenai wireless , tidak ada standarisasi dan istilah yang lebih membingungkan di bandingkan dengan yang ada pada wireless network ini  . Pertama, saya berfikir bahwa standarisasi protocol wireless yang dinamakan 801.11a pastilah standarisasi yang pertama, diikuti 802.11b dan terakhir 802.11g yang merupakan versi terbaru. Pemikiran yang salah besar !
Ketika mendengar tentang 802.1x, saya berfikir ini pastilah standarisasi protokol komunikasi wireless seperti 802.11a,802.11b dan 802.119. Kali ini, kesalahannya bahkan lebih besar karena 802.1x temyata tidak ada hubungannya dengan standarisasi protokol komunikasi wireless!

Ketika mendengar SSID kemudian adalagi BSS, ESS dan IBSS, saya berfikir pastilah semuanya berhubungan dengan SSID namun ternyata salah juga. Setiap hari mendengar Wi-Fi, saya mengambil kesimpulan bahwa Wi- Fi merupakan singkatan dari wireless. Kali ini kesalahannya tidak bisa dimaafkan !
Catatan !!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar